Menambah ruang harddisk dengan disk cleanup

Salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh pengguna komputer adalah setelah beberapa waktu kecepatan atau performa komputer menurun. Komputer menjadi lebih lambat daripada biasanya, padahal komputer tidak sedang terinfeksi oleh virus dan sejenisnya. Tentu saja hal ini bisa terjadi pada komputer siapapun, karena setiap hari file-file dan data yang tersimpan akan terus bertambah. File-file sampah banyak yang masih belum terbuang, serta program-program baru yang terinstall juga menambah penuh sesak ruang pada harddisk.

Semakin banyak ruang harddisk yang terpakai, tentu saja akan memperlambat kinerja daripada komputer tersebut. Komputer akan lebih banyak melakukan load/memuat file-file, program atau software yang tentu saja akan lebih memakan banyak waktu ketimbang file serta program yang terinstall masih sedikit.

Salah satu alternatif, cara untuk mempercepat kinerja komputer adalah dengan membuang saja file-file sampah yang sudah tidak terpakai lagi, atau uninstall program atau software yang tidak pernah dipakai, serta menonaktifkan fitur-fitur windows yang tidak diperlukan. Untuk melaksanakan tugas tersebut Microsoft windows telah memberikan fasilitas yaitu Disk Cleanup. Disk cleanup ini akan membersihkan recycle bin, temporary internet files, downloaded program files.

Selain membersihkan item diatas, disk cleanup juga menyediakan fasilitas more options untuk melakukan fungsi clean up windows component (menonaktifkan fitur windows), cleanup installed program (uninstall program atau software) serta cleanup system restore point ( menghapus restore point)

Untuk mengakses atau membuka fasilitas disk cleanup ada dua cara yang dapat ditempuh yaitu :
  1. Cara pertama, Start / all program / accessories / system tools / Disk Clean up / pilih Drive  / OK

    disk cleanup

    memilih drive
  2. Cara kedua, Buka windows explorer / Klik kanan pada drive yang akan di cleanup kemudian klik tombol disk cleanup pada tab general jendela drive properties.

    disk cleanup
  3. Setelah itu komputer akan mengumpulkan data yang ada.

    mulai disk cleanup 
  4. Beri tanda centang pada pilihan files yang akan dihapus kemudian klik OK.

    hapus file dengan disk cleanup
  5. Shobat dapat membuka tab more options untuk melakukan fungsi clean up windows component (menonaktifkan fitur windows), cleanup installed program (uninstall program atau software) serta cleanup system restore point ( menghapus restore point).

    cara advanced disk cleanup
Dengan melakukan disk clean up tersebut maka ruang bebas pada harddisk akan bertambah, sehingga akan menambah performa komputer.

7 comments:

  1. Have we seen the last 2015 Nike NFL Green Salute To Service Limited Jersey of NHL Jersey Malcom Floyd? The 34-year-old Chargers wideout was very clear in saying that 2015 hot jerseys 2015 would be his last season during training camp and on Monday night against the Bears, he left with what looked like a wholesale jersey very serious shoulder injury. Pro Bowl ballot Floyd Hoodies Jersey was laying out for a deep ball in the second quarter

    ReplyDelete

Artikel Paling Dicari