Burning data ke cd tanpa menggunakan software di Windows XP

Salah satu cara penyimpanan data selain menggunakan media flashdisk dan secara online adalah dengan menggunakan media keping cd/dvd/blu-ray. Dengan menggunakan media tersebut, data bisa hanya untuk disimpan / backup atau bisa juga untuk dicopy dan dipindahkan ke computer yang lain. Saat ini media penyimpanan data yang paling murah adalah dengan menggunakan keping cd dengan harga kisaran rata-rata Rp. 2.000,- per keping.

Menyimpan data ke cd dapat dilakukan dengan cara burning menggunakan cd/dvd rom rewritable. Kalau hanya cd rom saja tidak bisa digunakan untuk menyimpan data ke cd. Jadi pastikan terlebih dahulu computer yang akan digunakan untuk menyimpan data ke cd tersebut telah terpasang cd rom rewritable (CD RW). Proses menyimpan data tersebut biasanya juga menggunakan bantuan dari software burning seperti nero, cd burner dan lain sebagainya.

Nah bagaimana jika di computer tersebut tidak terinstall program burning data? Pada Os Windows telah tersedia fasilitas atau fitur untuk burning data ke cd tanpa menggunakan software, baik pada windows xp, maupun windows vista dan windows 7. Kali ini yang akan dibahas adalah cara burning data ke cd tanpa software di windows xp.

  1. Masukkan cd kosong ke CD rom anda.
  2. Copy file atau data yang akan diburning kemudian paste ke drive cd rw anda.
  3. Maka akan terdapat pesan Files ready to be written to the CD kemudian blok file tersebut.
  4. Buka menu file kemudian klik Write these files to CD

    write this file to cd

  5. Muncul jendela CD writing wizard, dan ikuti perintahnya sampai selesai.

    burn file to cd

3 comments:

  1. kalo menghapus data nya gimana gan tanpa software ? kalo bisa

    ReplyDelete
  2. Solusi praktis ini gan, g perlu repot2 download software ya

    ReplyDelete

Artikel Paling Dicari