Cara agar program yang terinstall tidak dapat dibuka user lain

Sebagai user computer, anda mungkin sekali mempunyai program-program favorit yang sering anda gunakan untuk bekerja dan bersenang-senang. Mungkin saja program tersebut anda dapatkan dengan membeli licensenya sehingga enggan untuk dibagi dan dipergunakan oleh user lain. Alasan lain mungkin program tersebut khusus untuk umur tertentu dan dengan keahlian tertentu sehingga jika digunakan oleh user awam malah akan merusak program tersebut.

Jika demikian halnya, anda tidak perlu melakukan install dan uninstall program tersebut untuk mencegah user lain menggunakannya, namun biarkan saja tetap terinstall di computer hanya saja program tersebut tetap tidak akan bisa dibuka oleh user lain karena anda telah memproteksi program tersebut agar tidak bisa dibuka oleh user lain.

Ada dua cara untuk melakukan blok terhadap program yang ada dikomputer, yaitu dengan menggunakan software dan melakukan pengaturan di gpedit.

Cara blok terhadap program yang ada dikomputer dengan menggunakan software.
AppAdmin adalah salah satu software yang bisa mewujudkan keinginan anda untuk memblok aplikasi yang ada di computer agar tidak bisa dibuka oleh user lain. Terlebih dahulu anda harus membuat sebuah password pada aplikasi AppAdmin ini. Yang sangat perlu untuk diperhatikan adalah password yang di buat harus anda ingat-ingat atau disimpan di folder tertentu, karena bila terlupa akan sulit untuk mengembalikannya lagi. Setelah dijalankan dan dibuat passwordnya, anda tinggal drag and drop program yang ingin diblok atau dengan explore program dengan klik tombol block kemudian pilih program yang ingin diblok. Program-program yang terinstall tersebut biasanya berada pada folder C:\program file. Setelah itu klik tombol blok.

aplikasi blok program

Cara lain untuk blok program di computer adalah dengan menggunakan fasilitas gpedit. 
  • Tekan Window + R untuk membuka run kemudian ketik gpedit.msc dan tekan enter.
  • Jendela gpedit akan terbuka, masuk ke User configuration > Administrative Templates > System
  • Pada panel sebelah kanan klik ganda pada Don’t run Specified Windows Applications
  • Ubah dari Not configured menjadi Enabled kemudian klik Show pada List of dissalowed applications.
  • Klik Add kemudian ketik nama aplikasi yang akan diblok, seperti winword.exe, Powerpnt.exe, Photoshop.exe, dll (cari nama aplikasinya di C:\programfile)

    daftar aplikasi yang diblok
  • Klik OK kemudian klik OK lagi
  • Restart komputer atau restart windows explorer.
Setelah melakukan pengaturan tersebut, maka jika user lain membuka program yang telah diblok tersebut akan muncul pesan "this operation has been cancelled due to restrictions in effect on this computer. Please contact your system administrator" seperti gambar dibawah ini :

aplikasi diblok

Jika anda ingin mencoba software appadmin silahkan Download Appadmin disini

7 comments:

Artikel Paling Dicari