Cara menyembunyikan drive dengan mudah tanpa software

Menyembunyikan file, folder, bahkan drive terkadang sangat diperlukan untuk melindungi data-data penting yang tidak ingin kita bagi kepada orang lain. Memang ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembunyikan drive atau partisi agar tidak diketahui oleh orang lain.

Menyembunyikan drive melalui pengaturan di gpedit , dan menyembunyikan drive melalui windows registry editor (regedit)  adalah cara yang sering dilakukan user untuk melindungi data mereka. Cara yang lain adalah dengan menggunakan bantuan software seperti Free Hide Folders , Hide Folder , dan software lain yang masih banyak lagi.

Dibawah ini adalah cara lain untuk menyembunyikan drive tanpa software dan mudah untuk dilakukan. Yaitu menyembunyikan drive melalui pengaturan disk management. Dan berikut ini adalah langkah-langkahnya :
  1. Klik kanan MyComputer kemudian pilih manage
  2. Pada jendela computer management, pilih  storage kemudian klik Disk Management.
  3. Pada panel sebelah kanan terdapat sederetan drive yang ada di komputer anda.
  4. Klik kanan pada drive yang akan disembunyikan kemudian pilih Change Drive Letter and Paths

    hide drive tanpa software

  5. Pada jendela yang muncul klik Remove, dan jika ada konfirmasi yang muncul klik Yes

    Change letter drive and paths

  6. Maka drive telah disembunyikan dari windows explorer.
  7. Ulangi langkah diatas untuk menyembunyikan drive yang lain.
Untuk mengembalikan atau memunculkan kembali drive yang disembunyikan tersebut, ulangilah langkah 1 sampai dengan 4 kemudian pada jendela yang muncul klik Add, dan pilih salah satu drive letter yang tersedia kemudian klik OK. Maka drive akan muncul kembali berikut semua data yang ada. Cara tersebut diatas telah saya coba di windows xp dan windows 7 dan berhasil. Namun cara tersebut tidak dapat dilakukan untuk menyembunyikan drive system.

4 comments:

Artikel Paling Dicari