Cara disable klik kanan pada desktop dan context menu

Mouse merupakan salah satu perangkat keras atau hardware yang digunakan untuk memberi perintah tertentu  pada komputer. Pada mouse sendiri terdapat tiga fungsi yang sering digunakan oleh user, yaitu klik kiri, scroll, dan klik kanan. Klik kiri berfungsi untuk memilih dan membuka suatu program tertentu, scroll berguna untuk melakukan scroll data / program keatas dan kebawah atau bisa juga untuk zoom out dan zoom in sedangkan klik kanan untuk melakukan perintah-perintah khusus, seperti context menu, refresh, dan lain-lain.

Selain tersebut diatas, klik kanan juga berfungsi sebagai jalan masuk pada pengaturan-pengaturan windows, seperti pengaturan control panel, pengaturan icon desktop, pengaturan screen saver, pengaturan wallpapaer, pengaturan theme, resolusi monitor, pengaturan properties dan lain sebagainya. Mengingat begitu banyaknya fungsi klik kanan, maka bisa juga digunakan sebagai salah satu cara pengamanan setting pada windows anda agar tidak dapat dirubah oleh user lain dengan cara menonaktifkan / disable klik kanan pada desktop, windows explorer, sehingga context menu tidak muncul. Dengan tidak bisa digunakan klik kanan, maka pengaturan windows anda akan aman dari perubahan oleh user lain.

Untuk mendisable klik kanan dapat anda lakukan dengan melakukan perubahan pada registry editor. Sebelum melakukan trik ini sebaiknya, backup registry terlebih dahulu untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan. dan berikut langkah-langkah menonaktifkan klik kanan pada desktop :
  1. Buka registry editor.

    membuka regedit
  2. Masuk ke HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer.
  3. Pada panel sebelah kanan, buat DWORD baru dengan nama NoViewContextMenu.

    disable context menu
  4. Ubah value datanya menjadi 1 (satu)

    nonaktifkan context menu
  5. Restart windows explorer atau restart komputer
Mulai dari sekarang anda tidak bisa melakukan klik kanan pada desktop, atau klik kanan pada windows explorer. Dengan demikian jika My Computer atau drive yang ada pada jendela windows explorer, jika diklik kanan tidak akan muncul context menu-nya alias tidak bisa di klik kanan. Untuk mengembalikan pada kondisi semula, hapus DWORD NoViewContextMenu tadi atau ubah value datanya menjadi 0 (nol).

13 comments:

  1. untuk balikin munculin lagi gmn?

    ReplyDelete
  2. buta kali lu.. baca noh..
    Untuk mengembalikan pada kondisi semula, hapus DWORD NoViewContextMenu tadi atau ubah value datanya menjadi 0 (nol).

    ReplyDelete
  3. untuk kembalikan semula, cukup mudah
    install ulang windows anda

    ReplyDelete
  4. kalau cara disable di windows 7 gmna bos??

    ReplyDelete
  5. klo nampilkan run pada menu star yg terkunci gmn gan??

    ReplyDelete
  6. Kalau disable klik delete di windows 7 gmna gan????

    ReplyDelete

Artikel Paling Dicari