cara mengatur screen resolusi di windows xp

Tampilan desktop sangat dipengaruhi oleh pengaturan screen resolusi. Resolusi yang kecil maka tampilan desktop akan kelihatan lebih besar, termasuk ukuran icon di desktopnya juga. Namun sayangnya resolusi yang kecil ini tidak memuat mode desktop seluruhnya, sehingga ketika membuka program atau aplikasi tidak seluruh tampilan program atau aplikasi tersebut tampak di layar. Dengan demikian user akan sedikit kebingungan untuk melakukan perintah yang ada seperti OK, cancel dsb. 

Agar tampilan program atau aplikasi secara keseluruhan tampak pada layar monitor anda, dapat dilakukan dengan mengatur atau merubah screen resolusi menjadi lebih tinggi. Secara standart pilihan screen resolusi ini ada tiga yaitu 800x600, 1024x768 dan 1152x864, namun demikian hal tersebut tergantung pada grapics card (VGA) yang terpasang dan monitor. Semakin tinggi vga yang terpasang, maka pilihan screen resolusi juga semakin banyak.

Untuk mengatur screen resolusi silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Klik kanan pada desktop kemudian pilih properties.
  2. Pada jendela display properties yang muncul pilih tab settings
  3. pada slide screen resolution, anda bisa menggeser slide tersebut kekanan atau kekiri sesuai dengan pilihan anda.

    mengatur screen resolusi monitor
  4. Sebelum klik OK sebaiknya klik Apply terlebih dahulu untuk melihat hasilnya. Biasanya layar monitor akan hitam sebentar kemudian muncul kembali desktop dengan tampilan  sesuai resolusi yang telah diatur. Jika muncul pesan dan anda yakin tampilan resolusi ini yang anda pilih klik Yes, dan jika tidak dan ingin merubah kembali tampilan tersebut klik No.
  5. Jika semua sudah sesuai dengan keinginan klik OK.

6 comments:

Artikel Paling Dicari