Cara agar cd dapat dipergunakan burning lebih dari satu kali

Cd merupakan salah satu media penyimpanan termurah saat ini. Saat ini penggunakan cd sudah mulai berkurang dengan adanya media penyimpanan flashdisk. Namun penggunaan cd masih merupakan salah satu alternative media penyimpanan serta mobilitas data. Terdapat dua jenis cd ataupun dvd yaitu cdr (CD recordable) yang hanya sebatas bisa digunakan untuk menyimpan dan CDRW (CD Rewritable) yang bisa digunakan selain untuk menyimpan juga bisa untuk menulis. CD RW ini bisa digunakan untuk berulang kali karena data yang ada bisa dihapus dan diisi kembali dengan data yang lain. Sedangkan pada cdr tidak demikian, area yang telah diisi data tidak bisa dihapus dan diisi lagi dengan data yang baru..

Kapasitas cdr biasanya berkisar 600 s/d 700 mb, nah jikalau anda hanya menyimpan data hanya beberapa kb atau mb saja maka sisanya akan terbuang percuma. Oleh karena itulah trik dibawah ini akan mengulas agar sisa atau cadangan area yang masih kosong tersebut agar tetap dapat dipergunakan untuk mengisi atau menyimpan data. Pada beberapa waktu yang lalu telah kami posting tentang cara menyimpan data ke cd tanpa menggunakan software, namun trik kali ini dilakukan dengan bantuan software burning yang cukup popular yaitu Nero. Untuk itu silahkan diikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Bukalah program Nero anda, kemudian pilih Data kemudian make data CD

    burning data menggunakan nero

  2. Pada jendela yang muncul, seperti biasa tambahkan data atau file yang akan disimpan di cd dengan klik tombol Add. Jika telah selesai klik next.

    menambahkan data ke cd

  3. Pada tahab selanjutnya beri nama label cd anda kemudian aktifkan atau beri tanda centang pada pilihan allow files to be added later (multisession disc), kemudian klik Burn dan ikuti sampai prosesnya selesai.

    Aktifkan fitur multisession disc
Dengan demikian anda dapat menggunakan atau menambahkan data lagi kedalam cd yang telah atau baru saja diburning tadi dengan cara mengaktifkan fitur Multisession.

5 comments:

  1. gan itu nero brpa???kok punya saya tidak ada pilihan yg no 2

    ReplyDelete
  2. kak, apakah kalau cd rw sudah di erase this disc tidak akan dapat digunakan lagi cd nya?

    ReplyDelete

Artikel Paling Dicari