Cara menyembunyikan drive pada windows explorer

Pada umumnya harddisk di computer saat ini mempunyai volume atau kapasitas yang lumayan besar sampai ratusan giga bite bahkan ada yang mencapai tera bite. Dengan kapasitas yang besar tersebut, maka para user memilih untuk melakukan partisi pada harddisk tersebut menjadi beberapa partisi atau drive. Dengan memecah menjadi beberapa partisi tersebut akan memudahkan user untuk menyiman data dengan kategori yang berbeda-beda. Selain itu user akan lebih mudah dan efektif melakukan defragment dan disk cleanup pada setiap drive.

Drive-drive yang dibentuk setelah melakukan partisi akan mempunyai nama sesuai abjad, yaitu C, D, E, F, dan seterusnya. Biasanya drive system windows berada pada drive C. drive selebihnya merupakan drive partisi yang lain dan drive cd/dvd rom. Pada drive C biasanya merupakan drive dimana tersimpan program atau software yang telah diinstall di computer, sedangkan drive yang lain direkomendasikan sebagai drive tempat menyimpan dokumen atau file. Dengan demikian jika terjadi kesalahan pada windows anda dan memerlukan install ulang maka data anda akan tetap aman dan tidak hilang.

Sebagai langkah keamanan yang lain, user bisa saja menyembunyikan drive yang berisi data-data yang dianggap sangat penting. Dengan demikian tidak akan ada user atau orang lain yang dapat membuka dan mengambil data yang anda simpan. Untuk dapat menyembunyikan drive atau partisi tersebut dapat anda ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Buka jendela gpedit, buka caranya disini.
  2. Masuk ke User configuration / Administrative templates / Windows components / Windows explorer.
  3. Pada panel sebelah kanan klik ganda pada Hide these specified drives in My computer

     hide all drive

  4. Ubah dari not configured menjadi enabled. Pada pilihan Pick one of the following combinations, pilih salah satu drive yang akan anda sembunyikan. Pilih restrict all drives jika ingin semua drive disembunyikan. Kemudian klik OK

    menyembunyikan drive

  5. Restart computer.
Maka Drive yang telah anda pilih sebelumnya akan menjadi hilang jika anda membuka jendela windows explorer.

7 comments:

  1. sangat membantugan bagi newbi kayak saya,
    Makasih gan infonya,
    Moga tambah banyak lagi info yang bermanfaat,
    biar tambah sip wae,

    ReplyDelete
  2. bro kok di window 7 home premium gak bisa ya??
    Padahal udah di instal gpedit.msc nya,???

    ReplyDelete
  3. Kalo cuma drive f doang yg mau di hide gmana?

    ReplyDelete

Artikel Paling Dicari