Cara Mengatur Default Program Membuka File di Windows 7

Terdapat berbagai jenis type file dengan extension yang berbeda. Dari file dokumen perkantoran saja sudah terdapat beberapa jenis seperti DOC, XLS, PPT, DOCX, XLSX, PPTX, RTF, dll. Kemudian file audio juga berbagai macam extensinya seperti mp3, wav, dll, kemudian pada file video juga demikian ada MPEG, MP4, AVI, MKV, dll. Selain itu pada file gambar juga demikian pula terdapat extension jpeg, png, gif, tiff, dll.

Pada masing-masing type file tersebut walaupun pada jenis file yang sama tapi berbeda extension terkadang secara default dibuka menggunakan program yang berbeda. Seperti halnya pada file gambar ada yang secara default dibuka menggunakan program Windows Photo viewer, namun pada extension yang lain menggunakan program photoshop. Hal ini bisa jadi hal yang tidak anda inginkan, yang sebenarnya anda menginginkan menggunakan program tertentu untuk membuka file tersebut ketika di klik ganda. Dibawah ini adalah trik untuk membuka file menggunakan program secara default.

  1. Buka control panel kemudian pilih Default Programs
  2. Klik set your default programs

    Set your default programs
  3. Tunggulah beberapa saat sampai muncul daftar program, kemudian pilihlah program yang ingin anda gunakan untuk membuka file, misalnya windows photo viewer.

    Memilih default programs
  4. Setelah itu klik set this program as default untuk memilih semua type file kemudian klik OK atau jika anda ingin menghendaki hanya beberapa type saja silahkan pilih choose defaults for this program

    Type file
  5. Pilih type file yang diinginkan kemudian klik save jika sudah.
  6. Lakukan pada program yang lain untuk mengatur default program sebuah file.

29 comments:

  1. Replies
    1. Bagi pemula, hal yang pertama di fikirkan saat mendengar kata facebook adalah bagaimana cara daftar facebook tersebut karena pada dasarnya pemula sangat awam dengan hal hal semacam itu. Padahal saat ini sudah banyak sekali blog yang membahas cara daftar fb sehingga sebagai pemula sudah sangat di manjakan jika ingin tau cara membuat facebook karena mereka hanya perlu browsing dan mencari blog yang membahas tentang cara membuat fb, tapi mungkin terkadang yang jadi permasalahan adalah blog yang membahas tentang cara mendaftar facebook tersebut tidak memberikan penjelasan secara rinci tentang bagaimana cara mendaftar fb. kasian ya pemula.
      Padahal saat ini sudah banyak sekali blog yang membahas cara daftar fb sehingga sebagai pemula sudah sangat di manjakan jika ingin tau cara membuat facebook karena mereka hanya perlu browsing dan mencari blog yang membahas tentang cara membuat fb, tapi mungkin terkadang yang jadi permasalahan adalah blog yang membahas tentang cara mendaftar facebook tersebut tidak memberikan penjelasan secara rinci tentang bagaimana cara mendaftar fb. kasian ya pemula.
      good luck

      Delete
  2. numpang nanya,, kalau tampilan program nya berubah di desktop trus gak bisa di buka. gimana caranya?

    ReplyDelete
  3. Terimakasih atas infonya, halaman ini sangat bermanfaat buat saya untuk saat ini.

    ReplyDelete
  4. ohh gitu ya caranya ,, terimakasih untuk informaisnya

    ReplyDelete
  5. Thanks to article,i like it sir,i wait a new post.and good luck..

    ReplyDelete
  6. Terimakasih atas informasinya,Infonya sangat bagus,Menarik,dan sukses selau
    .

    ReplyDelete
  7. artikelnya menarik,enak dibaca,bisa menambah wawasan,dan terus update pokoknya,Terimakasih.

    ReplyDelete
  8. Terimakasih atas informasinya,saya suka artikel ini,Good luck.

    ReplyDelete

Artikel Paling Dicari