Cara mengunci komputer tanpa software

Mengunci komputer adalah hal yang sangat diperlukan ketika meninggalkan pekerjaan penting untuk beberapa saat. Hal ini bertujuan agar pekerjaan maupun data yang ada dikomputer tidak diotak-atik, dirubah, dihapus bahkan dicuri oleh orang lain ketika komputer sedang ditinggal dalam keadaan idle atau hidup. Dengan mengunci komputer, user akan tetap merasa tenang dan aman meninggalkan komputernya.

Banyak software mengunci komputer yang ada dan kebanyakan adalah berbayar alias shareware. Postingan kali ini tentang mengunci komputer tanpa menggunakan software apapun, hanya melakukan perubahan settingan pada windows anda. Komputer yang terkunci biasanya akan meminta konfirmasi berupa password  untuk dimasukkan. Ketika password yang dimasukkan salah maka user tidak bisa masuk pada windows komputer.

Agar trik ini bisa berjalan, syaratnya adalah administrator atau guest account anda harus diberi password terlebih dahulu. Untuk memberi password pada user accounts, silahkan masuk pada user account melalui control panel.
  1. Setelah masuk jendela control panel, buka user accounts

    user accounts
  2. Pada jendela yang muncul, klik Administrator ( Jika anda adalah administrator) atau pilih user account anda.

    administrator accounts
  3. Pada langkah selanjutnya klik Create a password

    password administrator accounts
  4. Isikan password anda pada kotak isian type a new password dan type the new password again to confirm, kemudian klik Create Password

    set password administrator accounts
  5. Klik Yes, make private.

    private file and folder
  6. Maka account anda telah diberi password

Setelah langkah diatas, untuk mengunci komputer tanpa software ini yang harus anda lakukan hanyalah dengan menekan tombol Windows + L pada keyboard anda. Maka komputer sudah terkunci pada kondisi log on dengan kotak isian password. Untuk bisa masuk kembali pada jendela windows, anda harus memasukkan password user account anda.

log on screen password

6 comments:

  1. Bagaimana cara menonaktifkanya?

    ReplyDelete
  2. gmn cara membuka lagi gan ??
    tapi ane lupa passwordnya nihh .
    tolong bantu gan .. .

    ReplyDelete
  3. @Nanda : coba yang disini ya ... http://rahmabasel.blogspot.com/2009/12/reset-password-administrator-windows.html

    ReplyDelete
  4. makasih-makasih,,ngebantu bgt.sebel tau laptop diacak2 temen mulu!!!!

    ReplyDelete
  5. gan, udah ane cobain... tp kejebol mulu sm anak bos. pinter jg tuh bocah. ane smp pusing klo udh ke-rubah settingan nya. biar ga bs di jebol gimana caranya ga... Makasih...

    ReplyDelete
  6. artikel yang sangat bagus sekali buat di simak, .

    ReplyDelete

Artikel Paling Dicari